PENDIDIKAN BAHASA INDOESIA

VISI

Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dalam menghasilkan lulusan Pendidikan Bahasa Indonesia yang menjunjung tinggi nilai keislaman, sains, teknologi dan budaya  serta mampu berdaya saing secara global pada Tahun 2040.

Penjabaran Visi tersebut:

  • Menjunjung tinggi nilai keislaman, sains, teknologi, dan budaya bahwa program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Al Washliyah Medan menghasilkan lulusan dengan keilmuan yang terintegrasi antara wawasan keislaman (aqidah, syariat, dan akhlak), sains teknologi dan  budaya sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang menjunjung tinggi nilai-nilai keilmuan dan kemanusiaan.
  • Berdaya saing secara global pada tahun 2040 bahwa lulusan program studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Al Washliyah Medan memiliki kompetensi yang tinggi sehingga mampu mengaplikasikan keilmuannya sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat dan dunia usaha/industri (DU/DI).

VISI KEILMUAN

Mengembangkan pembelajaran Bahasa Indonesia yang terintegrasi sains, teknologi, budaya, dan nilai keislaman serta mampu berdaya saing secara global pada Tahun 2040.

MISI PRODI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia terintegrasi dengan nilai keislaman, sains, teknologi dan budaya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk menghasilkan lulusan yang profesional, menjunjung tinggi nilai budaya, dan berkarakter kealwashliyahan.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkontribusi bagi pengembangan kualitas pengetahuan dan ilmu pendidikan Bahasa Indonesia, teknologi, dan budaya.
  3. Menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang berorientasi pada pengembangan ilmu, pengajaran Bahasa Indonesia, serta teknologi dan budaya untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerja sama dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.
  5. Menyelenggarakan tata kelola secara profesional, transparan, dan akuntabel untuk mewujudkan tata kelola mandiri yang baik.

 TUJUAN PRODI

  1. Menghasilkan lulusan sebagai pendidik pemula dan peneliti semenjana dalam bidang Pendidikan Bahasa Indonesia sesuai dengan keilmuan dan keahliannya.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian sebagai penyunting berbagai naskah atau teks.
  3. Menghasilkan penelitian-penelitian yang kreatif dan inovatif yang mampu mengatasi masalah-masalah di bidang bahasa, sastra, dan pembelajaran.
  4. Menghasilkan karya ilmiah berskala nasional dan internasional yang inovatif dan bermanfaat bagi kepentingan pendidikan dan masyarakat.
  5. Menghasilkan program tepat guna di bidang kependidikan untuk menciptakan masyarakat yang mandiri dan berdaya saing.
  6. Mewujudkan kemitraan dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri.
  7. Menghasilkan tata kelola program studi yang profesional, transparan, dan akuntabel dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi.

SASARAN PRODI

  1. Meningkatkan suasana akademik yang kondusif untuk mendukung proses pembelajaran yang bermutu.
  2. Meningkatkan kemampuan lulusan yang siap dan handal menjadi penyunting (editor) serta mampu mengantisipasi perkembangan bahasa Indonesia di era teknologi pada masyarakat transdisipliner.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas lulusan yang mampu bersaing secara global dalam bidang ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia dengan masa studi 4 tahun.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian di bidang Pendidikan Bahasa Indonesia yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya.
  5. Meningkatkan publikasi hasil penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat pada jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional.
  6. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kemitraan dengan berbagai instansi di dalam dan luar negeri dalam bidang Tridharma Perguruan Tinggi.
  7. Meningkatkan implementasi kerja sama dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri.
  8. Terwujudnya pelayanan prima bagi kegiatan akademik maupun kemahasiswaan.