1. Sejarah Berdirinya FKIP UNIVA Medan

Sejarah berdirinya FKIP UNIVA Medan dimulai pada tahun 2005. Drs. H. Hairul Arifin Ritonga menghadiri pesta pernikahan sepupunya di Jl. Jalak Perumnas Mandala Medan. Kemudian setelah pulang dari sana, beliau  berkunjung  ke kediaman Drs. Zulkifli Amin, M.Si. di Jl. Jalak IV No. 130 Perumnas Mandala Medan.

Di dalam kunjungan tersebut Drs. H. Hairul Arifin Ritonga yang pada saat itu menjabat sebagai Wakil Rektor III UNIVA Medan menawarkan  kepada Drs. Zulkifli Amin, M.Si bergabung di UNIVA Medan sekaligus mencari rekan untuk membuka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Drs. Zulkifli Amin, M.Si. menerima tawaran tersebut.

Keesokan harinya terjadi pertemuan dengan Rektor UNIVA Medan, Bapak Drs. Hasbullah Hadi, SH, M.Kn.,  yang ketika itu dihadiri oleh  : Drs. H. Hairul Arifin Ritonga,  Drs. Zulkifli Amin, M.Si., Bambang Sumantri, S.Pd, Drs. M. Isman, M.Hum., dan Drs. A. Fahri, M.Si. Pada pertemuan itu dibentuklah tim penyusun proposal FKIP-UNIVA Medan dengan Surat Keputusan Rektor Nomor : 003/R/A.1/SK/III/2006 yang ditandatangani oleh Rektor UNIVA Medan, Drs. Hasbullah Hadi, SH, M.Kn. Adapun tim penyusun terdiri atas :

Ketua                          : Drs. Zulkifli Amin, M.Si.

Anggota                      :

1. Bambang Sumantri, S.Pd.

2. Drs. M. Isman, M.Hum.

3. Drs. A. Fauzi, M.Si.

4. Abil Mansyur, M.Si.

5. Yulita Tri Adiareti, SE., M.Si.

6. Maya Oktora, S.Pd.

7. Samsul Rizal, S.Pd.I.

8. Enni, AMG.

9. Wirda Kusuma Manik

Setelah tim terbentuk, pembagian tugas kepada masing-masing anggota pun dilakukan. Mulai saat itu tim yang dibentuk mulai menyusun dan mencari bahan yang diperlukan, baik tentang kurikulum, tenaga dosen, dan data-data lainnya. Bapak Drs. Hasbullah Hadi SH, M.Kn. menyusun BAB I yang berisi tentang kekuatan yang ada di Al-Jam’iyatul Washliyah sehingga dibutuhkannya FKIP-UNIVA Medan. Namun di tengah perjalanan banyak anggota yang tidak aktif. Dari tim yang dibentuk di awal hanya tinggal 4 orang yang melanjutkan penyusunan proposal yaitu Drs. Zulkifli Amin, M.Si, Bambang Sumantri, S.Pd, Abil Mansyur, M.Si, dan Yulia Tri Adiareti, SE., M.Si.

 Akhirnya pada tahun 2006 proposal FKIP-UNIVA Medan selesai dan dikirimkan ke Jakarta oleh Rektor Drs. H. Hasbullah Hadi SH, M.Kn.

Di dalam proposal yang disusun ada 4 (empat) program studi yang diajukan yaitu:

  1. Pendidikan Bahasa Indonesia
  2. Pendidikan Bahasa Inggris
  3. Pendidikan Matematika
  4. Pendidikan Akuntansi

Namun yang disetujui oleh Kementerian Pendidikan Nasional hanya 3 (tiga) Program Studi. Akhirnya tahun 2009 FKIP UNIVA Medan resmi berdiri dan mengasuh 3 (tiga) program studi yaitu : Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Matematika dengan izin dari Kementerian Pendidikan Nasional melalui Dirjen Dikti Nomor : 496/D/T/2009 perihal : Izin Penyelenggaraan Program-Program Studi Baru pada UNIVA Medan.

Setelah itu pada bulan Mei sampai dengan September 2009 dibuka penerimaan mahasiswa baru.  Mahasiswa baru yang mendaftar berjumlah 172 orang yang terdiri atas : 44 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, 73 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, dan 55 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika.  Pada bulan September di tahun yang sama proses perkuliahan untuk semester ganjil dimulai.

  • Kepemimpinan dari Masa ke Masa

Kepemimpinan FKIP UNIVA Medan telah berlangsung selama dua periode :

Periode I  2009-2013

            Dekan                                                 : Drs. Zulkifli Amin, M.Si

            Wakil Dekan I                                    : Bambang Sumantri, S.Pd, M.Pd

            Wakil Dekan II                       : Dra. Raudhatussafa, M.Pd

            Wakil Dekan III                      : Mukhlisin, MA

Kemudian pada tahun 2011 Saudari Dra. Raudhatussafa, M.Pd mengundurkan diri sebagai Wakil Dekan II karena beliau pindah bersama suami ke Jakarta. Maka diangkatlah Saudara Samio, S.Pd, M.Pd sebagai wakil Dekan II untuk menggantikan posisi tersebut.

Periode II   2013-2017

            Dekan                                                 : Drs. H. Zulkifli Amin, M.Si.

            Wakil Dekan I                                    : Samio, M.Pd.

            Wakil Dekan II                       : Mujaman, M.Pd.

            Wakil Dekan III                      : Rabiatul Adawiyah Siregar, M.Pd.

Periode III 2018-2020

Dekan                                              : Rabiatul Adawiyah Siregar, M.Pd.

  Wakil Dekan I                                   : Yumira Simamora, M.Pd.

Wakil Dekan III                      : Iskandar Zulkarnain, S.Pd., M.Hum.

Periode III 2020-2024

Dekan                                              : Yumira Simamora, M.Pd.

Wakil Dekan I                                  : Meida Rabia Sihite, S.Pd., M.Hum.

Wakil Dekan III                      : Iskandar Zulkarnain, S.Pd., M.Hum.

  • Perkembangan Fakultas dari Masa ke Masa

Universitas Al Washliyah Medan merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di wilayah kota Medan, Sumatera Utara, tepatnya di Jalan Sisingamangaraja No. 10 Medan 20221. Universitas Al Washliyah memiliki 6 fakultas, salah satunya adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang  mendapat izin operasional dari Menteri Pendidikan Nasional dengan Nomor SK : 496/D/T/2009 tanggal 06 April  2009. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univa Medan  membuka tiga program studi yaitu Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Bahasa Indonesia  dan Program Studi Bahasa Inggris.

            Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univa Medan telah memiliki gedung sendiri yang terletak di Kompleks Universitas Al Washliyah Medan dengan fasilitas antara lain : 12 ruang kuliah, 1 ruang biro fakultas, 3 ruang pimpinan, 1 ruang rapat/sidang, 1 laboratorium komputer,  1 laboratorium bahasa, 1 laboratorium micro teaching, aula, sarana olah raga, akses internet nirkabel/wireless, dan perpustakaan. Lokasi kampus yang strategis dan mudah dijangkau karena berada di jantung kota Medan sebagai ibukota provinsi Sumatera Utara.

  1. Mahasiswa

Alhamdulillah pada tanggal 14 Desember 2013 (Penyematan Gelar Sarjana Pendidikan S1) adalah hari yang bersejarah bagi FKIP UNIVA Medan, karena telah menghasilkan alumni angkatan pertama berjumlah 91 mahasiswa.

Jumlah mahasiswa FKIP UNIVA Medan aktif mulai tahun akademik 2017-2018 sampai dengan 2020-2021 saat ini berjumlah 321 orang yang terdiri atas Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 95 orang,  Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia 150 orang, dan Prodi Pendidikan Matematika 76 orang.

      Jumlah alumni FKIP UNIVA Medan berjumlah 590 orang terdiri atas 177 orang alumni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, 233 orang alumni Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, dan 180 orang alumni Prodi Pendidikan Matematika.

  • Tenaga Pengajar (Dosen)

Tenaga pengajar secara gradual setiap tahunnya bertambah. Pada tahun 2009 hanya berkisar 21 orang. Sekarang tahun 2021 berjumlah 30 orang dengan kualifikasi S3 : 3 orang dan S2 : 27 orang. Nisbah dosen telah mencukupi dengan jumlah mahasiswa yang ada.

Dalam hal perkembangannya dosen FKIP UNIVA Medan telah banyak yang melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat baik yang bersifat mandiri maupun melalui hibah kompetisi nasional. Hasil penelitian dan pengabdian masyarakat tersebut diterbitkan dalam jurnal dan prosiding berskala nasional baik jurnal yang terakreditasi maupun yang belum terakreditasi.

  • Sarana dan Prasarana
  • Ruang kantor

Tahun 2009 – 2010                : Ruang kantor FKIP berada di lantai II SMP Al-Washliyah 8     Medan berukuran 8 m x 7 m.

Tahun 2010 – 2012               : Ruang kantor FKIP berada di lantai II Mesjid Jami’ UNIVA Medan

Tahun 2012-sekarang           : Ruang kantor FKIP berada di lantai II Aula UNIVA Medan

  • Ruang Belajar dan Media Pembelajaran

Secara bertahap sarana dan prasarana fakultas telah memadai, untuk ruang belajar berada di lantai III Aula UNIVA sebanyak 5 ruangan, sedangkan selebihnya fakultas bekerja sama dengan SMP Al-Washliyah 8 Medan. Sejak tahun 2011 fakultas telah memiliki laboratorium bahasa, laboratorium komputer, dan laboratorium micro teaching. Media pembelajaran elektronik seperti proyektor juga telah dilengkapi.

  • Akreditasi

Setelah tiga tahun berjalan, perpanjangan izin untuk program studi yang diasuh oleh FKIP UNIVA Medan telah diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program Studi Pendidikan Matematika Nomor : 11581/D/T/K-I/2012. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Nomor : 11582/D/T/K-I/2012. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Nomor : 11585/D/T/K-I/2012.

Mengingat akreditasi BAN-PT adalah jantung dari suatu lembaga pendidikan, maka pada tahun 2012 dimulailah penyusunan Borang Akreditasi Fakultas. Setelah melalui proses selama enam (6) bulan, Borang dan Evaluasi Diri telah rampung dan siap untuk dikirimkan ke Jakarta.

Akhirnya pada tahun 2013 sertifikat akreditasi untuk ketiga prodi telah diterbitkan oleh BAN-PT.  Berdasarkan keputusan BAN-PT No. 192/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013, menyatakan bahwa Program Studi pendidikan Matematika UNIVA Medan telah Terakreditasi.

Berdasarkan keputusan BAN-PT No. 197/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/IX/2013, menyatakan bahwa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia UNIVA Medan telah Terakreditasi.

Berdasarkan keputusan BAN-PT No. 222/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013, menyatakan bahwa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UNIVA Medan telah Terakreditasi.

Setelah berakhirnya akreditasi program studi di FKIP UNIVA Medan, maka pada tahun 2018 masing-masing program studi mengajukan reakreditasi. Alhamdulillah, setelah kerja keras seluruh pihak yang terlibat dalam penyusunan borang akreditasi, akreditasi seluruh program studi meningkat yang semula terakreditasi “C” menjadi terakreditasi “B”. Hal ini ditandai dengan diterbitkannya sertifikat akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).