Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SD/MI Kelas V dalam Menulis Karangan melalui Gambar Berseri TP 2014/2015

Sri Muliatik, Nurhayati
UNIVERSITAS AL WASHLIYAH

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa SD/MI Kelas V dalam Menulis Karangan melalui Gambar Berseri TP 2014/2015

Jurnal
Prosiding Seminar Hasil Penelitian 2015

Edisi
Agustus 2015

Hal
422 – 432

Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Peningkatan kemampuan menulis karangan siswa yang diajar dengan menggunakan gambar berseri lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model ceramah, (2) Tingkat aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan pendekatan gambar berseri, (3) Mendeskripsikan kemampuan menulis karangan siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan eksperimen dalam penelitian ini adalah Pretes Posttest Control Group Design yang dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial Anova. Sebelum Anova digunakan untuk menganalisis data perlu diuji normalitas, homogenitas data kelompok pembelajaran menulis karangan melalui gambar berseri dan kelompok konvensional. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian adalah tes kemampuan menulis karangan siswa dengan pendekatan gambar berseri, lembar aktivitas siswa, lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kemampuan menulis karangan dengan media gambar berseri, dan kemampuan menulis karangan siswa kelas V SD/MI meningkat melalui media gambar berseri.

Kata Kunci
Kemampuan menulis, Karangan, Gambar berseri