TEACHER’S POLITENESS STRATEGIES IN EFL CLASSROOM

Sofia Idawati Lubis
Universitas Al Washliyah

TEACHER’S POLITENESS STRATEGIES IN EFL CLASSROOM

Jurnal
Jurnal Ilmiah “PEDAGOGI” FKIP-UNIVA Medan

ISSUE
Vol 4 No 3

Edisi
September-Desember 2017

Hal
16 – 23

ABSTRAK
Tulisan ini membahas tentang strategi kesantunan di dalam kelas EFL. Penggunaan strategi kesantunan sebagai strategi komunikasi sangat dibutuhkan di setiap komunikasi. Mempertimbangkan perasaan orang lain, seseorang berbicara atau melakukan sesuatu sebagai cara untuk meminimalkan potensi ancaman dalam interaksi. Di dalam kelas EFL, bahasa yang digunakan guru memiliki peranan yang penting dimana bahasa Inggris tidak hanya sebagai bahasa target untuk dipelajari, tetapi juga sebagai medium bagi guru untuk mengajar pelajaran bahasa Inggris seperti ketika memberikan instruksi akademik, motivasi, evaluasi dan mengelola kelas dalam rangka menjalankan perannya. Bagaimanapun juga kesantunan sangat penting bagi kelas EFL. Dengan menggunakan strategi kesantunan, guru bisa memenuhi” wajah positif” siswa-siswanya dan menyelamatkan “wajahnegative”nya. Sehingga guru dapat menciptakan suasana positif yang membangun hubungan yang menyenangkan dan saling menghormati antara guru dan siswa.Secara tidak langsung mereka bisa menerapkan strategi tersebut karena strategi kesantunan itu dilakukan oleh guru. Kata kunci: wajah; startegi kesantunan