admin/ Juni 9, 2020/ Jurnal

Nurhayati
UNIVERSITAS AL WASHLIYAH

Pengaruh Strategi Kreatif-Produktif Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VII SMP Alwashliyah 8 Medan Tahun Pembelajaran 2019–2020

Jurnal
Jurnal Ilmiah “PEDAGOGI” FKIP-UNIVA Medan

ISSUE
Vol 6 No 3

Edisi
September-Desember 2019

Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi kreatif-produktif terhadap
kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Al Washliyah 8 Medan Tahun pembelajaran
2019-2020. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Al Washliyah 8 Medan dengan populasi 72
siswa dan pemilihan sampel menggunakan desain sampling random, yakni kelas VII-1 36 siswa dan
VII-2 36 siswa. Kelas VII-1 ditetapkan sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menerima
pembelajaran menggunakan strategi kreatif-produktif sedangkan VII-2 sebagai kelas kontrol
menggunakan metode ceramah. Dalam pelaksanaan penelitian ini penulis menggunakan metode
eksperimen yaitu peneltiian yang dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai sebab
adanya perbedaan perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai kemampuan menulis puisi. Berdasarkan teknik analisis

data, dapat dapat diketahui bahwa kemampuan menulis puisi dengan menggunakan stretegi kreatif-
produktif memperoleh nilai rata-rata 79,97 termasuk dalam kategori baik dan kemampuan menulis

puisi menggunakan metode ceramah memperoleh nilai rata-rata 63 termasuk dalam kategori cukup.
Berdasarkan uji-t, dengan hasil pengujian pada taraf α = 0,05 diperoleh > yaitu 9,1237 >
1,667 maka diterima dan ditolak. Oleh karena itu, terdapat pengaruh yang signifikan strategi
kreatif-produktif terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VII MTs Al Washliyah 8 Medan
tahun pembelajaran 2019-2020. Hal ini membuktikan bahwa strategi kreatif-produktif efektif digunakan
dalam pembelajaran menulis puisi.

Kata Kunci
Strategi Kreatif-Produktif, Menulis, Puisi

Share this Post