Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Tingkat Intelegensi terhadap Keterampilan Menulis Argumen Siswa SMP di Kecamatan Deli Tua

Nurhayati
UNIVERSITAS AL WASHLIYAH

Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Tingkat Intelegensi terhadap Keterampilan Menulis Argumen Siswa SMP di Kecamatan Deli Tua

Jurnal
Jurnal Ilmiah “PEDAGOGI” FKIP-UNIVA Medan

ISSUE
Vol 2 No 2

Edisi
Januari 2015 – April 2015

Hal
38 – 43

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah menyelidiki: (1) Pengaruh masalah mengajarkan pemecahan kemampuan dalam menulis argumentasi, (2) Pengaruh intelegensi kemampuan dalam menulis argumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental ada enam kelas VII, sampel diambil dua kelas secara acak. Kelas pertama diobati dengan menggunakan pemecahan masalah pembelajaran dan kelas kedua diobati dengan menggunakan oembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan; tes kemampuan argumentatif. Instrumen yang memenuhi syarat validitas isi dan realibilitas sekitar 0,86. Data dianalisis dengan ANAVA multivariant. Hasil menunjukkan bahwa penelitian ini, umumnya siswa diperlukan dengan memecahkan masalah pembelajaran yang lebih baik daripada siswa diperlukan dengan memecahkan masalah pembelajaran yang lebih baik daripada siswa diperlukan oleh pembelajaran konvensional. Berdasarkan penelitian ini, penulis menyarankan (1) pemecahan masalah dalam bahasa mengajar untuk meningkatkan pelajar menulis argumentatif dan koneksi kemampuan akan menjadi alternatif untuk menerapkan pembelajaran bahasa yang inovatif. (2) Aktivitas pelajar melalui pemecahan masalah pembelajaran termasuk dalam kategori yang baik. Penelitian ini juga diharapkan dapat berguna bagi guru untuk menciptakan suasana yang nyaman dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyajikan ide mereka sendiri.

Kata Kunci
pemecahan masalah, menulis argumentatif, dan intelegensi