Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Motivasi Belajar Siswa

Nurhayati
UNIVERSITAS AL WASHLIYAH

Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Motivasi Belajar Siswa

Jurnal
Jurnal Ilmiah “PEDAGOGI” FKIP-UNIVA Medan

ISSUE
Vol 3 No 1

Edisi
Januari 2016 – April 2016

Hal
107 – 110

Abstrak
Tujuan penelitian ini melihat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket skala likert tes. Dengan indikator persaingan untuk memperoleh kepuasan, tekun menghadapi tugas, percaya diri, minat yang besar terhadap bahasa Indonesia, ulet dalam menghadapi kesulitan. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar siswa dengan membandingkan hasil nilai angket kelas eksperimen dan kontrol. Terdapat peningkatan yang signifikan yaitu dikelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dan di kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 74% > 64%.

Kata Kunci
Pembelajaran Kontekstual, Motivasi belajar siswa